Mata adalah salah satu indera yang paling vital juga sensitif, seringkali kita panik dan gegabah ketika mengalami suatu kejadian yang mengganggu penglihatan dan daerah sekitar mata. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat mengatasi kejadian ini, mari kita simak cara penanggulangannya yang baik dan benar dibawah ini :

 

➢ Jika terdapat benda asing masuk ke mata :

Sebaiknya jangan panik saat mengatasinya, jangan mengucek mata yang dapat menyebabkan luka iritasi pada kornea. Sebelum menyentuh mata, segera cuci tangan terlebih dahulu agar terbebas dari kuman dan bakteri. Jika sedang mengenakan lensa kontak coba lepaskan perlahan sebelum membilasnya dengan air.

Jika benda asing yang masuk berada di tengah bola mata yang berwarna gelap (pupil) atau bagian mata yang berwarna (iris), kita dapat membilas mata secara perlahan dengan air bersih. Akan tetapi jika benda asing berada di bagian mata yang berwarna putih (sklera) atau di bagian permukaan dalam kelopak mata sebelah bawah, kita dapat menggunakan cotton bud yang telah dibasahi air hangat untuk mengeluarkan benda asing tersebut dan bilas kembali mata dengan air bersih.

Jika benda yang masuk ke mata terbuat dari logam dan posisi saat masuk menusuk kedalam mata serta tidak berhasil dikeluarkan dengan cara pembilasan, jangan pernah mencoba mengeluarkan benda tersebut tanpa bantuan para ahli. Segera hubungi dokter mata untuk mendapat penanganan yang tepat dan intensif. Jangan pernah juga mengeluarkan benda asing yang masuk kedalam mata dengan bantuan alat seperti pinset, tusuk gigi, dan benda lain yang tidak direkomendasikan, karena dapat menyebabkan cedera mata yang lebih berat dari sebelumnya.

 

➢ Jika terjadi benturan ke mata atau Black Eye :

Luka memar akibat benturan pada mata atau yang dikenal dengan sebutan Black Eye dapat diatasi dengan cara mengompres bagian memar tersebut menggunakan air dingin dan posisi kepala terangkat. Saat luka memar baru saja terjadi lakukan kompres dingin tersebut selama kurang lebih 15 menit 3 sampai 4 kali sehari di jangka waktu 48 jam pertama setelah kejadian guna mengurangi bengkak pada mata. Saat mengompres sebaiknya gunakan kain yang bersih dan steril.

Hindari pengompresan dengan menggunakan bahan yang mengandung senyawa kimia, dikarenakan jika terdapat kebocoran pada kemasannya malah hanya akan menambah cedera pada mata.

Periksa kembali bola mata untuk melihat kemungkinan jika terdapat cedera pada bagian yang lain. Jika memar sudah banyak berkurang kompres mata dan bagian sekitarnya dengan menggunakan air hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit.


➢ Jika terjadi luka bakar pada mata

Ketika mengalami luka bakar ringan pada mata maka tindakan yang perlu segera dilakukan adalah membilas mata dengan air yang bersih dan sejuk dengan cara mengisi air secukupnya ke dalam wadah baskom. Letakkan wajah di dalam air dan buka-tutup mata berulang kali agar air dapat membasahi bagian mata, kemudian lirikkan bola mata ke semua arah saat pembilasan agar seluruh bagian mata terbasahi oleh air.

Saat membilas lakukan selama kurang lebih 30 menit hingga mata terasa segar, setelah membilas sebaiknya kenakan kacamata hitam atau bisa juga dengan membalut mata menggunakan perban steril ataupun kain bersih. Pertahankan mata tetap dalam kondisi tertutup demi meringankan rasa sakit, hindari penggunaan kapas karena dapat masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.

Jangan menakan mata ataupun daerah disekitarnya yang terasa sakit, hindari juga mengelupas jika terdapat bagian yang melepuh. Lakukan kembali kompres dingin dengan menggunakan es yang dibungkus kain bersih untuk mengurangi nyeri.

 

➢ Jika terjadi luka iris ringan pada mata atau sekitarnya

Untuk mengatasi luka iris pada mata maupun daerah disekitarnya sebaiknya terlebih dulu kita membalut mata menggunakan perban atau kain bersih, lakukan sedikit penekanan di daerah dekat mata untuk menghentikan pendarahan namun hindari penekanan langsung pada bola mata.

Jika luka tak didapat efek yang berarti dari langkah diatas lantaran luka iris yang besar dan mengkhawatirkan, segera hubungi dokter pengobatan mata untuk mendapat penanganan yang tepat dan intensif.