Memiliki mata jernih dan bening biasanya membuat seseorang kelihatan lebih sehat dan segar, mengapa tidak? Pasti Anda pernah mengalami saat seseorang berkomentar saat mata Anda terlihat keruh dan merah sehabis terkena kotoran atau debu, mereka biasanya menganjurkan untuk memberikan obat tetes mata untuk membuat mata Anda kembali jernih. Manusia terlahir memang pada dasarnya memiliki mata yang jernih, mata menjadi keruh biasanya dikarenakan lifestyle atau keseharian misalnya seperti sering terpapar debu dan polusi serta hal lainnya.

Jika Anda sering minum air putih yang cukup, tidur teratur serta mengonsumi makanan sehat, maka jangan khawatir mungkin Anda tidak terlalu memiliki masalah pada mata, namun bila suatu saat Anda mengalami mata keruh dan lelah mungkin Anda perlu mencoba untuk mengompresnya. Teknik mengompres mata ini biasanya dilakukan ketika mata sedang mengalami gangguan seperti mata lelah, mata merah karena iritasi, mata keruh karena lelah dan masalah keseharian lainnya, namun bila mengalami masalah mata serius, sebaiknya langsung periksakan ke dokter mata Anda. Bagaimana saja teknik mengompresnya?

  1. Kompres Dengan Handuk Dingin

Bila mata terasa gatal lalu menjadi merah, Anda dapat mencoba untuk mendinginkan handuk bersih dengan cara merendamnya di air dingin, lalu kompres pada mata hingga handuk terasa hangat.

  1. Kompres Dengan Buah Strawberry Untuk Mata Penat

Ambillah beberapa buah Strawberry, kemudian taruh didalam kulkas selama beberapa menit. Setelah buah Strawberry itu dingin, letakkan di kelopak mata. Hal ini cukup manjur untuk mengatasi mata yang lelah.

  1. Kompres Mentimun

Kompres mentimun merupakan tips tepat guna untuk mengembalikan rasa segar pada mata Anda. Caranya potong buah mentimun bundar selanjutnya tempatkan pada sekitar 10 menit.

  1. Kompres Dengan Kantong Teh

Therapy mata dengan kantong teh efektif untuk mengurangi lingkaran hitam, bengkak, dan kurangi kelelahan pada mata. Dinginkan dua kantong teh celup yang sudah yang sudah dihangatkan atau direndam di air panas. Dinginkan kurang lebih 10 menit, kemudian letakkan kantong teh pada kelopak mata selama 10 menit hingga mata terasa rileks.

 

Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan disekitar kita, namun sebelum melakukan perawatan, ada baiknya kita mengetahui masalah yang terjadi pada mata kita, agar bisa melakukan pencegahan dan hasil perawatan yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.