Sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga rentan mengalami gangguan dari dalam maupun luar, Anda sudah melakukan upaya menjaga kesehatan mata secara optimal seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk mata seperti sayuran hijau yang mengandung lutein, zeaxanthin dan astaxantin. Zat tersebut dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet.

Namun apabila upaya menjaga kesehatan mata dari dalam tidak kunjung memperbaiki keluhan matamu,mungkin perbanyak upaya dari luar misalnya;

1. Gunakan Kacamata Anti -UV
Sinar UV dapat membuat kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik dapat mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV.

2. Penggunaan Cahaya yang Cukup
Bekerja dengan cahaya yang minim dapat menyebabkan kelelahan mata, tapi cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya terbaik jika bekerja menggunakan komputer adalah dari lampu meja bercahaya lembut dari arah samping dan kurangi tingkat terang monitor.

3. Cari Lensa Kontak Dengan Kualitas Baik
Tidak semua lensa kontak sama, ada yang aman untuk mata dan ada juga yang beresiko merusak mata

4. Pakailah Lensa Kontak Sesuai Jadwal yang Disarankan
Ada beberapa kasus pemakai lensa kontak memakai lensa lebih lama dari yang sudah dijadwalkan, hal ini tidak dianjurkan karena meskipun kualitas lensanya tidak berkurang namun tumpukan protein dapat mengaburkan penglihatan dan dapat beresiko terkena infeksi.

5. Gunakan Filter Monitor
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan filter glass monitor. Tanyakan pada vendor perlengkapan komputermu untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangi pengauh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.