Mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling rapuh dan cukup terekspos sehingga sangat sensitif, terutama jika bersinggungan dengan debu atau polusi udara yang dapat memicu timbulnya iritasi pada mata. Jika mata mudah merah dan bengkak serta berair dalam kehidupan sehari-hari, alergi mata mungkin menjadi penyebab utamanya.

Alergi mata dapat dikenali dari kesensitifan mata yang dapat dideteksi dengan munculnya rona merah di bagian putih mata atau di bagian dalam kelopak mata diikuti dengan mata yang gatal, berair, pandangan yang abur, rasa terbakar, pembengkakan pada kelopak mata, serta tidak tahan jika melihat cahaya. Mata yang alergi bisa juga muncul sebagai akibat lanjutan dari alergi pernapasan maupun alergi kulit. Untuk memastikan alergi matakah yang mengganggu pandangan selama ini, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mata.

Terjadinya alergi pada mata diakibatkan tingkat sensitif mata yang berlebihan terhadap unsur seperti serbuk sari yang terkandung dalam udara bebas. Penyebab alergi mata yang terjadi di dalam rumah biasanya adalah kotoran yang menempel di bulu hewan peliharaan dan masuk ke dalam mata. Sel di mata melepaskan kandungan kimia seperti histamine yang menyebabkan timbulnya radang sehinga mata berair dan gatal.

Jika penderita alergi mata melakukan aktifitas di luar rumah, lindungi mata dengan kacamata serta jangan gunakan make-up yang terlalu tebal di sekitar mata. Dalam berdekatan dengan hewan peliharaan, usahakan untuk tidak membiaran hewan peliharaan masuk ke dalam kamar tidur dan seringlah mengganti baju setelah bermain dengan hewan kesayangan.

Dalam membersihkan rumah, gunakan lap/kain pel basah untuk menghindari debu beterbangan dan mengenai mata. Senantiasalah berada dalam kelembaban yang cukup ketika berada di rumah untuk mengontrol debu ruangan.

Penanganan paling sederhana dan cepat adalah dengan mengompres mata dengan air dingin untuk melegakan mata. Yang paling penting, jangan menggosok mata yang terasa gatal karena kuman yang menempel di tangan akan semakin mengotori mata dan membuatnya makin bengkak. Penderita alergi mata harus sering mencuci tangan sebelum menyentuh mata. Jika mata mulai terasa gatal, lepaskan lensa kontak yang mungkin dikenakan, hapus make-up (jika sedang memakai make-up di daerah sekitar mata), dan basuh wajah agar bersih sebelum mengompres mata.

Untuk pengobatan mata alergi, obat-obatan yang mengandung antihistamines, decongestants, sertamast cell stabilizers. Selalu sedia obat tetes mata yang mengandung decongestant untuk menjadi pelega mata alergi yang paling cepat.