Jika mata tak dilindungi, mata akan mengalami penurunan fungsi penglihatan, kegiatan seperti bekerja seharian di depan komputer, memandang layar komputer dalam waktu lama pasti bukan hanya melelahkan tubuh, namun juga melelahkan bagi mata. Seperti badan, mata juga membutuhkan olahraga, dimana jika otot mata lebih kuat maka aktifitas apapun yang dilakukan mata tidak akan membuat mata mudah lelah. Seperti apa olahraga mata tersebut? Praktekan gerakan – gerakan mata berikut ini ya Sahabat Mata.

Lirik Kanan Kiri

Berkediplah beberapa kali untuk Buat matamu melirik ke kanan dan kiri secara bergantian tanpa menggerakkan kepalamu. Tahan di sisi kanan selama 5 detik begitu sebaliknya. Lakukan ini sebanyak 5 kali.

Lirik Atas Bawah Secara Serong

Lanjutkan dengan menggerakkan mata ke atas dan bawah dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Kemudian tahan melihat ke kanan atas lalu kiri bawah, begitu sebaliknya. Lakukan 5 kali.

Melihat ke Atas

Arahkan bola mata ke atas, namun jaga kepala tidak ikut mendongak. Tahan selama 5 detik. Kemudian ganti melihat ke bawah dan tahan 5 detik. Lakukan sebanyak 5 kali juga.

Bola Mata Berputar

Terakhir putar bola matamu bergantian dari kanan ke kiri, bisa dilakukan dengan memejamkan atau membuka mata.

Kamu juga bisa mengerjap-kerjapkan matamu sejenak dengan cara memejamkan mata dengan kuat, lalu membukanya hingga lebar. Coba juga dengan melihat benda dekat, agak jauh dan jauh seperti pada gambar. Olahraga ringan ini akan membuat matamu lebih segar dan ringan, cara praktis melepas mata lelah.