Boleh kok percaya maupun tidak percaya terhadap mitos tentang bulu mata yang jatuh pada matamu. Sudah cukup banyak beredar di masyarakat kalau bulu mata yang jatuh adalah pertanda ada seseorang yang rindu ataupun benci, bahkan di beberapa drama yang tampil di televisi, adegan bulu mata jatuh dan mitos orang yang merindukan bisa ditampilkan dengan lucu. Bahkan dibeberapa negara ada yang menggunakan mitos bulu mata jatuh dengan menepukan tangan berulang-ulang agar bulu mata berpindah dari tangan kanan ke tangan kiri sambil menyebutkan huruf A -Z, jika bulu mata jatuh di huruf tertentu, maka itu pertanda inisial orang yang merindukan Anda.

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, bulu mata jatuh bisa dijelaskan secara ilmiah. Bulu mata jatuh adalah hal yang normal terjadi. Bulu mata yang berumur 3 bulan biasanya akan rontok dan bulu mata baru akan tumbuh kembali. Jika bulu mata rontok dalam jumlah yang banyak, hal ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri yang disebabkan oleh perekat tanam bulu mata. Zat perekat ini rentan infeksi sehingga bisa menimbulkan kerontokan.

Nah, Sahabat Mata, hal lain yang bisa menyebabkan bulu mata jatuh dengan sangat banyak adalah karena stres. Seperti stres yang bisa menimbulkan kebotakan, ternyata stres juga bisa berpengaruh pada bulu mata. Jika anda stres, bulu mata anda akan jatuh lebih banyak. Diet yang buruk dan keseringan penggunaan maskara dan bulu mata palsu juga bisa menimbulkan bulu mata jatuh.

Untuk penggunaan bulu mata extension atau tanam bulu mata, sebaiknya Anda berhati-hati dalam merawatnya agar tidak mudah terkena infeksi. Sebaiknya anda batasi penggunaan maskara dan jangan sampai anda lupa membersihkannya sebelum tidur. Penggunaan maskara secelum tidur akan memberatkan bulu mata anda sehingga bulu mata anda akan mudah rontok. Jika anda stress, tenangkanlah diri anda dan lakukan hal-hal yang bisa menenangkan anda agar bulu mata anda tidak mudah jatuh. Isi waktu luang dengan kegiatan yang menyenangkan buat Anda dan berusahalah untuk selalu tetap tenang. Stay cheers, Eyes Friends 🙂