Kenyamanan mata cukup terpengaruh saat seseorang sedang berada di pesawat. Terdapat beberapa orang yang mengeluhkan adanya nyeri mata, mata perih, dan mata berair saat turun dari pesawat. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Lalu, bagaimana kiat menghadapinya?

Setelah turun dari pesawat, terdapat pengalaman penumpang yang merasakan adanya nyeri di daerah mata. Penjelasan yang umum diketahui mengenai kondisi tersebut adalah karena adanya peningkatan tekanan bola mata saat pesawat menjelajah pada ketinggian yang cukup tinggi, namun teori tersebut belum sepenuhnya dapat diterima. Sebab berbagai penelitian menghasilkan data bahwa dalam transportasi udara, tekanan bola mata seseorang tidak mengalami perubahan yang signifikan pada ketinggian berapapun. Hal ini disebabkan karena tekanan dalam kabin pesawat dikontrol dengan ketat agar kondisi tubuh para penumpang pesawat tetap sehat, dan hal ini tidak hanya demi menjaga kondisi kesehatan mata, melainkan demi menjaga kondisi kesehatan para penumpang pesawat secara keseluruhan.

Saat menjalani penerbangan, seringkali mata terasa kering, perih, berair, dan terasa seperti ada yang mengganjal. Gejala-gejala tersebut tentunya mengurangi kenyamanan, dan mata terasa kurang segar setelah turun dari pesawat. Hal ini dapat terjadi akibat keringnya udara di dalam kabin pesawat, ditambah dengan adanya pendingin udara di dalam kabin pesawat. Kedua kondisi ini menyebabkan menguapnya sebagian lapisan air mata yang melapisi bola mata terutama pada mata yang rentan, dan pada penerbangan jangka panjang. Hal tersebut akan menjadi semakin berat bila Anda membaca dan melihat layar monitor dalam jangka waktu yang cukup lama selama penerbangan. Trik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mempertahankan kondisi mata agar tetap segar adalah dengan menggunakan air mata buatan atau berbagai bentuk lubrikan khusus mata untuk melembabkan mata pada penerbangan yang cukup lama. Pastikan Anda memilih air mata buatan yang tidak mengandung bahan pengawet. Selain itu, sering-seringlah berkedip bila Anda mulai merasakan timbulnya keluhan.