Saat terbangun dari istirahat malam terkadang mata terasa bengkak seketika tanpa diketahui penyebabnya, memang jika sebelum tidur kita menangis sudah tentu itu adalah hal yang wajar. Namun apakah kondisi kesehatan tubuh yang lain dapat menyebebkan mata sembap?

 

Menurut beberapa ahli kesehatan mata beberapa keadaan berikut dapat memengaruhi kondisi mata menjadi kurang sehat yakni seperti :

 

  • Mengonsumsi Garam Berlebih

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan edema atau pembengkakan beberapa organ tubuh layaknya mata dikarenakan tubuh akan kurang cairan ketika asupan garam berlebih sehingga metabolisme tubuh akan mengondisikan diri mencegah dehidrasi dan berakibat mata menjadi sembap saat terbangun dari tidur. Pencegahannya dengan memperbanyak minum air putih sebelum tidur.

 

  • Terlalu Banyak Karbohidrat

Tak hanya asupan garam berlebih yang dapat menyebabkan mata bengkak, karbohidrat jika terlalu banyak jumlahnya yang diserap tubuh juga demikian adanya. Menurut penelitian National Institute of Health kondisi ini dapat memicu sekresi insulin sekaligus retensi sodium yang berlebihan dan menimbulkan penumpukan cairan serta memungkinkan mata mengalami sembap.

 

  • Kurang Protein

Kekurangan protein atau malnutrisi karena rendahnya albumin dalam darah juga dapat memicu kondisi mata bengkak

 

  • Gangguan Ginjal

Apabila mata sembap disertai dengan gejala muntah, mual, lesu, dan pembengkakan kaki juga pergelangan tangan kemungkinan disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal yang kurang mampu menghilangkan kandungan sodium berlebih sehingga memicu pembengkakan. Jika hal ini terjadi dengan kita sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam untuk mendapat penanganan yang tepat.