Mata adalah organ tubuh yang rentan tercederai. Air sabun, debu, juga angin yang berhembus terlampau keras bisa mengakibatkan gangguan kesehatan mata. Sebab itu mata memproduksi air mata, selain untuk melubrikasi juga diperuntukan agar bola mata tetap terlindungi dari gesekan debu yang terbawa angin.

Harus diwaspadai, make-up yang tidak dikhususkan untuk dikenakan di bagian mata bisa menimbulkan iritasi. Bukan hanya itu, bahkan keringat kita sendiri pun bisa mengakibatkan mata perih.

Terkadang mungkin kita merasa jengkel pada ulah keringat yang bercucuran kala berolahraga. Keringat tersebut dirasa menganggu penglihatan dan memicu rasa perih pada mata saat tidak sengaja masuk ke dalam mata.

Tahukah anda, bahwa keringat kita mengandung elektrolit, serupa yang terkandung pada garam. Hal ini ditandai dengan terasa asinnya keringat bila kita cecap.

Kondisi berkeringat sebab kegiatan sehari-hari tentunya berbeda dengan kondisi berkeringat seusai berolahraga. Otomatis tubuh memproduksi keringat dengan jumlah yang lebih banyak, disebabkan oleh pembakaran yang terjadi saat kita berolahraga.

Tetesan keringat dalam kadar ringan tentu masih dapat dihalau oleh alis sebelum akhirnya tak sengaja mampir di mata. Tapi saat volume keringat bertambah, tidak ada salahnya menggunakan ikat kepala agar meminimalisir pergerakan keringat ke wajah.

Selain berfungsi untuk menghalau keringat, alis juga menjadi fitur yang dapat membentuk karakter wajah. Para perempuan tertarik untuk mencukur habis alisnya dan malah menggantinya dengan tato alis, padahal menurut sebuah penelitian mencukur alis hingga abis akan membawa efek negatif.

Jika seseorang tidak memiliki alis atau mencukurnya hingga habis dan diganti dengan tato akan membuat kondisinya sedikit lebih sulit. Hal ini karena tidak ada yang menahan keringat atau air hujan yang turun di wajah, padahal di dalam keringat terdapat kandungan garam yang bisa menimbulkan iritasi pada mata sehingga menimbulkan sensasi perih.

Bentuk lengkungan dari alis akan membantu mengalihkan air hujan atau keringat turun ke samping wajah, sehingga menjaga mata tetap kering dan mencegah air tersebut masuk ke dalam mata.