Berlibur ke luar kota demi mengusir penat dari hiruk pikuk kesibukan kota adalah hal yang baik dan menyehatkan tubuh. Selain mendapatkan asupan udara segar yang belum terlalu tercemar polusi seperti di kota, pemandangan alam disekitar juga masih asri yang terpapar luas dan dapat memanjakan penglihatan kita.

 

Jika sehari-hari kita biasa memantau gadget dalam jarak dekat dan durasi yang cukup lama sudah pasti akan membuat otot mata merasa lelah. Untuk itu relaksasikan kembali otot-otot mata kita dengan melihat pemandangan alam. Dengan melihat objek di hamparan alam layaknya pepohonan, pegunungan, air terjun dan pemandangan lainnya mata kita juga dilatih untuk terjaga fokusnya walaupun melihat objek tersebut dari jarak jauh.

 

Selain itu untuk mencegah terjadinya rabun jauh atau miopi, melihat pamandangan alam juga membuat lensa dan kornea mata bekerja lebih santai dikarenakan warna hijau dari pemandangan yang akan memberi respon ketenangan alami pada otak.

 

Menurut penelitian kesehatan WebMD Foundation, seorang praktisi Brian S Boxer Wachler MD menyimpulkan bahwa salah satu indikator mata sehat dapat ditentukan dari kedipannya. Dengan melihat pemandangan alam yang dipenuhi objek jarak jauh mata dapat berkedip dengan normal setiap waktu. Sudahkah Sahabat Mata merencanakan pergi keluar kota untuk segera melihat pemandangan alam?