Anda mungkin sudah bosan dengar wortel disebut-sebut sebagai juara makanan yang menyehatkan mata. Padahal, ada makanan lainnya lho, yang bisa menyehatkan mata selain wortel.

Untuk itu, vitamin yang bersifat antioksidan secara logika dapat bersifat protektif. Adapun vitamin dengan sifat tersebut yang berkaitan dengan organ mata adalah vitamin A, C dan E. Vitamin A tertinggi dikandung oleh hati ayam, produk susu dan minyak ikan. Sedangkan provitamin A (yang akan dimetabolisme tubuh menjadi vitamin A) terdapat pada telur, sayur berdaun hijau, sayuran berwarna oranye dan kuning (salah satunya wortel), produk tomat, dan minyak sayur. Bila Anda mampu mencukupi kebutuhan vitamin tersebut dari makanan, maka anda tidak membutuhkan suplemen.

Karotenoid juga merupakan provitamin A yang akan dimetabolisme tubuh menjadi vitamin A. Karotenoid terkonsentrasi pada bintik kuning mata (bagian dalam retina yang berfungsi penting dalam penglihatan), dan juga memiliki peran sebagai antioksidan. Pada mata, beberapa bentuk karotenoid (lutein, astaxanthin, dan zeaxanthin) dapat menyerap sinar ultraviolet yang merusak, sehingga mampu melindungi makula dan retina. Ditemukan sebuah penurunan risiko kerusakan bintik kuning (degenerasi makula) saat seseorang memiliki level tinggi karotenoid pada serum darahnya. Karotenoid tinggi pada sayur-sayuran berwarna merah, oranye, dan hijau.

Sepuluh makanan yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi adalah paprika, jambu biji, sayur-sayuran berwarna hijau gelap, buah kiwi, brokoli, berbagai macam buah beri (misalnya strawberi), jeruk, tomat dan pepaya. Sedangkan makanan yang tinggi dengan kandungan vitamin E adalah kacang almond, biji bunga matahari, biji labu, bayam, kacang hazelnut, alpukat, brokoli, pepaya, dan lain-lain.

Beberapa bentuk asam lemak esensial juga bermanfaat untuk kesehatan mata, misalnya asam gama linoleat bermanfaat dalam beberapa bentuk kondisi mata kering, salah satunya sindrom Sjogren. Asam lemak omega-3 juga penting untuk perkembangan retina, selain manfaatnya yang sudah diketahui untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Makanan yang kaya akan omega-3 misalnya ikan salmon, tuna, makerel, sarden, minyak kanola, dan lain-lain