Seperti yang telah kita ketahui pekan lalu bahwa kedutan bukanlah penyakit berbahaya dan mengancam penglihatan, namun mata berkedut dapat mengganggu saat kita tengah melakukan aktivitas. Oleh karena itu mari kita kenali dulu apa saja penyebab mata berkedut? Simak dibawah ini ya, Sahabat mata.

Menurut kutipan yang didapat dari jurnal allaboutvision ada beberapa faktor yang menyebabkan peristiwa ini :

1. Stres

Mata yang berkedut bisa jadi merupakan tanda stress dikarenakan otot-otot mata seketika akan tegang. Dengan mengurangi penyebab stress dapat membantu mata berkedut dan normal kembali.

2. Mata Lelah

Mata yang lelah dan bekerja terlalu keras seperti menatap layar computer terlalu lama akan memicu kelopak mata berkedut. Segera beralih sejenak pandanganmu dari layar kaca untuk mengurangi mata berkedut.

3. Alkohol dan kafein

Selain beberapa sebab diatas banyak ahli kesehatan mata mampercayakan bahwa terlalu kerap mengonsumsi minuman mengandung alkohol ataupun kafein dapat memberi tekanan pada pembuluh darah yang memicu terjadinya kedutan pada mata.

4. Nutrisi tak Seimbang

Jika tubuh mengalami kekurangan zat gizi tertentu seperti magnesium dapat memicu terjadinya kejang pada kelopak mata.

5. Lelah

Banyak aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran serta waktu istirahat yang kurang akan memicu kejang pada kelopak mata.

6. Mata Kering

Umumnya manusia mengalami mata kering akibat proses penuaan, selain itu gejala ini juga dialami bagi yang sering berinteraksi dengan layar computer, mengonsumsi obat-obatan layaknya antidepresan, dan memakai lensa kontak. Mata kering dapat memicu terjadinya kedutan pada mata.

7. Alergi

Bagi penderita alergi pada mata biasanya didapat gejala seperti gatal, bengkak, juga mata berair yang ketika diusap atau digosok akan mengeluarkan histamine pemicu air mata. Histamin yang dikeluarkan ini juga dapat menyebabkan kelopak mata bergerak-gerak.