Mata merah bisa jadi sangat mengganggu anda, bukan hanya mata menjadi tidak nyaman, tapi kondisi ini juga dapat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari. Mata merah memang cukup mengganggu karena biasanya disertai rasa sakit, perih, gatal, berair, atau bahkan bengkak sehingga membuat penglihatan menjadi samar.

Mata merah bisa disebabkan oleh banyak hal seperti alergi, mata lelah, infeksi, luka pada mata atau bisa juga menandakan penyakit mata yang lebih serius seperti ulkus kornea atau glaukoma. Beberapa hal umum penyebab mata merah antara lain;

Konjungtivis

Konjungtivis adalah salah satu infeksi mata yang paling umum dan juga menular, infeksi ini disebabkan adanya peradangan di konjungtiva, yaitu lapisan jaringan tipis yang menutupi bola mata dan permukaan bagian dalam kelopak mata. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pada mata membengkak, membuat mata terlihat merah dan seakan-akan terasa kesat.

Peradangan pada mata bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi, debu, atau karena infeksi. Konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi biasanya menimpa kedua belah mata dan terasa gatal luar biasa. Sementara konjungtivitis yang disebabkan oleh virus awalnya menimpa satu mata terlebih dahulu hingga membuat mata berair, barulah setelah beberapa hari, mata kedua pun mulai turut memerah. Konjungtivitis yang disebabkan bakteri membuat mata terus-menerus mengeluarkan kotoran, disertai kerak di sekitar kelopak.

Mata Kering

Mata kering juga bisa dipicu oleh cuaca panas dan kering atau berangin atau peradangan pada kelopak mata. Sindrom mata kering juga dapat terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak air mata, baik dari segi kuantitas dan kualitas. Ini membuat mata kering dan teriritasi sehingga terlihat merah.

Kelelahan atau Terluka

Anda mungkin tidak menyadari telah bekerja selama lebih dari 9 jam di depan monitor pastikan untuk menjaga kelembaban mata dengan tetes mata atau beristirahat tiap beberapa jam sekali. Selain itu apabila mata terluka misal terkena goresan kecil dan sejenisnya, maka pembuluh darah akan melebar untuk mengalirkan lebih banyak darah ke lokasi cedera sehingga penyembuhan dapat berjalan lebih cepat.

Jika gejala mata merah disertai rasa sakit, mual, sakit kepala parah, penglihatan terganggu atau mata menjadi sensitif terhadap cahaya, segera temui dokter untuk menanggulanginya ya Sahabat Mata.