Hayo siapa diantara kamu yang jarang bermain menggunakan gadget atau minimal menggunakan ponsel pintarmu untuk bermain permainan susun gambar atau membangun sebuah kota? Pasti hal tersebut bisa jadi satu kebiasaan di sela-sela aktifitasmu kan? Saat ini coba perhatikan, apa matamu terlihat seperti lelah?

Mata yang digunakan untuk melihat gadget seperti komputer, smartphone atau tablet dalam waktu lama dan tanpa istirahat dapat membuat mata lelah sehingga cepat mengantuk. Ini juga akan menyebabkan sakit kepala dan berpengaruh pula terhadap hormon-hormon yang mengatur kekebalan tubuh.
Efek buruk penggunana gadget yang terlalu sering ini bukan hanya dialami oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak, terlebih gadget kini sudah menjadi “mainan” anak. “Jika tidak dites, mata yang kita anggap normal ternyata sudah rusak.

Memakai gadget dalam waktu lama dan jarak dekat bisa berpengaruh terhadap fokus pada jarak dekat dan menyebabkan mata minus dan biasanya orang tua telat mengajak anaknya ke dokter setelah ada masalah di mata mereka nih Sahabat Mata. Nah, oleh karena itu, jika anakmu sudah mengalami gejala pada anak yang terlihat suka mengedipkan mata terus-menerus, jadi sering duduk terlalu dekat saat menonton televisi, membaca buku terlalu dekat, dan lain sebagainya, maka segeralah periksakan mata anakmu dan mungkin dapat sesederhana mengingatkannya agr tidak terlalu lama bermain dan menonton didepan layar gadget tersebut.