Rabun jauh atau mata minus yang juga dikenal dengan miopia merupakan berkurangnya kemampuan meliat dari jarak jauh yang disebabkan kornea dan lensa mata terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang terbias terletak di depan retina.

 

Beberapa faktor yang memengaruhi seseorang mengalami miopia diantaranya adalah genetik, perilaku yang sering beraktivitas melihat dengan jarak terlalu dekat seperti menonton televisi ataupun membaca dengan posisi yang tidak dianjurkan dan dilakukan dalam jangka panjang.

 

Untuk merawat mata minus sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti melatih penglihatan dengan memerhatikan pemandangan hijau layaknya bukit pohon dan pegunungan dari jarak jauh tanpa menggunakan kacamata.

 

Membaca dengan jarak 30 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkannya setiap 30 menit sekali, menggunakan pelindung mata saat mengendarai sepeda motor agar tak terkena paparan debu maupun kotoran udara, mengonsumsi makanan mengandung antioksidan layaknya wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau, serta bagi pengguna lensa kontak untuk selalu menggunakan pelembab mata agar penglihatan selalu terjaga dan terhindar dari mata kering.