Saat memulas wajah seringkali eyeshadow disepelekan para penggunanya karena dirasa merepotkan dan sulit diaplikasikan. Akan tetapi jika pemakaian eyeshadow diabaikan begitu saja tentu wajah bukannya terlihat lebih menarik malah menjadi tidak seduai dengan yang diinginkan.

Untuk mengatasi semua problem dalam pemakaian eyeshadow hendaknya kita dapat mengaplikasikannya sesuai dengan bentuk wajah yang dimiliki. Yuk simak baik-baik tutorial dibawah ini.

1. Bentuk mata turun (downturned eyes)

Untuk makeup siang hari caranya dengan menyapukan eyeshadow berwarna terang di selh area kelopak mata sampai ke lipatan mata. Sapukan warna agak gelap di setengah bagian kelopak mata hingga sisi luar sudut mata demi memberi kesan tegas dan mata terangkat. Bubuhkan eyeshadow jenis matte berwarna lebih gelap di setengah area sudut terluar mata.

Untuk makeup malam hari caranya dengan menyapukan eyeshadow jenis shimmer berwarna terang di setengah bagian lipatan kelopak mata kemudian beri warna sedikit gelap di setengah bagian atas sudut terluar mata. Baurkan warna eyeshadow lebih gelap persis di sudut terluar bulu mata demi memberi kesan mata yang tegas.

2. Mata Tak Memiliki Garis Lipatan Kelopak Mata (Monolid eyes)

Untuk makeup siang hari caranya dengan menyepukan eyeshadow berwarna terang hingga menyentuh seluruh bagian atas lipatan mata lalu aplikasikan sedikit bayangan membentuk garis diantara setengah lipatan kelopak mata. Setelah itu bubuhkan garis dan eyeshadow atau eyeliner hitam tepat diatas setengah kelopak mata dengan ujung jatuh di sudut mata terluar.

Untuk makeup malam hari bisa dengan memulaskan eyeshadow terang hingga hampir menyentuh bulu alis bagian bawah kemudian tambahkan eyeshadow yang tidak terlalu gelap sebagai bayangan demi memaksimalkan kesan lipatan kelopak mata. Gunakan juga eyeshadow hitam untuk membingkai garis atas dan lingkaran ata sebelum mengenakan eyeliner.

3. Mata Berkantung (Hooded eyes)

Untuk makeup siang hari caranya dengan menghindari pemakaian eyeshadow jenis shimmer, pilihlah jenis matte lalu pulaskan di setengah area kelopak mata dan baur dengan sedikit warna yang tidak terlalu gelap untuk memberi kesan mata lebih terbuka. Bubuhkan eyeshadow di sepanjang kelopak mata bagian atas dan sedikit menebal dibagian sudut terluar, baurkan secara merata agar terlihat natural. Untuk makeup malam hari dapat dimulai dengan mengaplikasikan highlight pada tulang pelipis mata juga sudut dalam mata yang dilanjutkan dengan memulaskan warna sedikit gelap di seluruh kelopak mata.

4. Mata Almond

Untuk makeup siang hari caranya dengan menyapukan warna eyeshadow terang di setengah bagian kelopak mata hingga sudut dalam mata kemudian eyeshadow yang berwarda sedikit lebih gelap dibaurkan secara merata pada setengah bagian kelopak mata mulai atas bola mata dampai ke sudut luar mata.

Untuk makeup malam hari dapat dengan sedikit saja membubuhkan eyeshadow berwarna terang di sudut dalam mata lalu yang berwarna lebih gelap dipulaskan ke seluruh kelopak dan area mata hingga menyentuh rambut bawah alis. Selanjutnya pensil warna hitam digariskan pada setengah bagian atas kelopak mata demi menampilkan kesan smokey eyes.

5. Mata Bulat (round eyes)

Untuk makeup siang hari caranya dengan mengenakan eyeshadow berwarna terang dan dipulaskan pada bagian atas kelopak mata saja. Kemudian yang berwarna lebih gelap diaplikasikan ke seluruh lingkaran mata sampai membantuk bingkai mata sebelum dibaurkan eyeshadow berwarna kelabu untuk kesan natural.

Untuk makeup malam hari dapat juga seperti langkah makeup siang hari diatas namun diakhiri dengan eyeliner cair agar mata terlihat bulat dan dramatis.

6. Mata Naik Menyudut (upturned eyes)

Untuk makeup siang hari harap memerhatikan pulasan makeup agar mata tidak terkesan terlalu tajam atau galak dengan menyapukan yang berwarna gelap di seluruh kelopak mata dan membubuhkan eyeshadow yang lebih gelap pada setengah bagian atas mata.

Untuk makeup malam hari dapat dilakukan hal yang sama namun bubuhan eyeshadow berwarna agak gelap hingga menyentuh ujung sudut dalam mata yang dibaurkan menggunakan kuas muka. Selanjutnya bagian mata diberi definisi agar Nampak indah dan menambah kesan eksotis.

Sahabat mata bisa melakukan trik makeup ini sesuai dengan jenis mata masing-masing. Selamat mencoba