Ketika pekerjaan mengharuskan Anda untk melanjutkan pekerjaan hingga larut malam, atau ketika Anda mungkin sedang terkena flu, dan ketika habis menangis lama kebanyakan Anda akan bangun dengan kondisi di bagian mata agak sedikit membengkak. Kondisi mata yang sembab mungkin akan merubah penampilan Anda dan mungkin akan menganggu hari Anda saat itu karena banyaknya pertanyaan dari rekan yang menanyakan perihal mata sembab tersebut.

Keluhan mata tersebut tidaklah berbahaya untuk kesehatan mata, karena bila mengalami hal tersebut yang perlu Anda lakukan adalah dengan cepat mengatasi sembab pada mata dengan cara-cara misalnya :

  1. Kompres Dengan Es Batu

Es batu merupakan cara yang digunakan cukup sering bagi orang yang mengalami mata bengkak maupun mata sembab. Untuk mempercepat proses perawatannya, Anda perlu mencuci raut muka dengan menggunakan air dingin terlebih dahulu. Apabila tidak mempunyai es batu, pakailah sendok yang sudah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kulkas, setelah itu kompres pada mata.

  1. Kompres dengan Teh Celup Hitam atau Teh Hijau

Setelah teh celup yang sudah direndam selama 1 – 2 menit sudah dingin, tempelkan kantong teh tersebut pada mata dan tutupi dengan menggunakan kain selama kurang lebih 5 – 10 menit. Dianjurkan untuk menggunakan teh hijau atau teh hitam yang menyimpan lebih banyak kafein, sebab kafein didalam teh dapat membantu dalam menekan pembengkakan yang Anda alami.

  1. Kompres dengan Garam

Untuk mengobati mata sembab, campur ½ sendok teh garam, dalam seperempat liter air putih. Selanjutnya celupkan kapas kedalam racikan ini dan kompreskan ke mata.

  1. Minum Air Putih

Dengan meminum banyak air putih tidak akan dengan instan mengempiskan mata yang bengkak, akan tetapi, dengan meminum banyak air putih, reaksi pengempisan mata Anda dapat kian cepat diatasi.

  1. Gunakan Bantal Lebih Tinggi

Saat mengalami bengkak atau sembab, gunakan bantal lebih banyak untuk posisi tidur.

  1. Gunakan Krim Anti Peradangan

Bila langkah-langkah tersebut diatas belum juga berhasil, gunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk membantu mengecilkan pembuluh darah dibawah mata