Mengaplikasikan lensa kontak untuk mengoreksi refraksi mata dan membantu penglihatan sejatinya memang lebih praktis dari menggunakan kacamata yang berat dan berisiko patah, tergores, hilang dan lain sebagainya. Dikarenakan sifat lensa kontak yang selain lebih praktis digunakan juga memudahkan kita melihat saat beraktivitas tanpa mengganggu penampilan, namun tidak semata-mata mengabaikan cara merawat dan membersihkannya.

 

Untuk itu demi menjaga kehigienisan lensa kontak dan menjaga dari timbulnya masalah kesehatan layaknya infeksi mata perlu diperhatikan beberapa langkah berikut:

  • Sebelum memasang maupun melepas lensa kontak sebaiknya cuci bersih tangan dan keringkan hingga tak ada satupun tetesan air
  • Sesaat sebelum tidur atau beraktivitas di air seperti mandi dan berenang lensa kontak wajib dilepaskan untuk menghindari iritasi mata yang membahayakan, terutama disaat tidur jika lensa kontak masih terpasang maka akan mempersempit ruang oksigen masuk ke dalam mata sehingga menambah risiko infeksi yang disebabkan kuman menempel pada kornea mata.
  • Selalu gunakan cairan pembersih Biotrue Multi Purpose Solution, ReNu Drop, atau ReNu Color (untuk lensa kontak warna) guna membersihkan dan menjaga kelembapannya
  • Beri gosokan yang sangat lembut saaat membersihkan lensa kontak agar tak merusak maupun merobek sisi-sisi lensa
  • Setelah lensa kontak dibersihkan, buang cairan yang sudah dipakai dan tidak untuk digunakan kembali
  • Bersihkan lensa kontak saat akan digunakan dan sehabis pemakaian lalu letakkan di tempat penyimpanan yang telah diberi cairan pembersih.
  • Selalu perhatikan kadar kadaluarsa sebagai pengingat batas waktu pemakaian lensa kontak dan ganti tempat penyimpanan secara berkala untuk menghindari timbulnya jamur dan perkembangbiakan bakteri berbahaya.