Menangis tak menjadi hal buruk untuk matamu, lho Sahabat Mata! Bahkan menangis adalah suatu hal yang biasa kita lakukan sejak kita lahir. Dikutip dari laman prevention.com, menangis bukanlah semata-mata sebuah perasaan tersakiti saja. Menangis juga bisa timbul karena perasaan haru, bahagia atau bangga akan suatu hal. Menangis juga merupakan suatu moment yang identik dengan jatuh atau keluarnya air mata yang berasal dari kelenjar air mata.

Nah, memang menangis tidak melulu karena perasaan sedih saja kan, Sahabat Mata? Para ahli nampaknya telah menemukan fakta tentang menangis. Apa saja fakta tersebut? Berikut ulasannya.

Durasi Menangis Rata-Rata 5 – 6 Menit

Penelitian menemukan bahwa rata-rata waktu menangis adalah 5 sampai 6 menit. 43% wanita yang diteliti mengatakan bahwa ia menangis kurang dari 5 menit. Sementara pria, hanya 24% yang mengaku bahwa ia menangis kurang dari 5 menit. Banyak orang mengatakan ketika ia bisa menangis dalam waktu yang lebih lama, ia akan merasa lebih lega dan lebih nyaman.

Menangis Bisa Meredakan Stres

Saat seseorang sedang dalam kondisi kacau, stres, penat atau depresi, hal ini bisa diatasi dengan menangis. Ya, selama ini menangis memang sering kali bisa membuat seseorang menjadi lebih lega dan lebih rileks. Tapi, untuk meredakan stres, hal ini tetap harus diimbangi dengan perasaan sabar, perasaan tenang dan penyelesaian masalah yang tepat juga lho, Sahabat Mata.

Wanita Lebih Mudah Menangis

Fakta pertama adalah wanita lebih mudah menangis dan tersentuh jika dibandingkan dengan pria. Para peneliti menemukan bahwa rata-rata wanita menangis sebanyak 47 kali setiap tahun. Sementara pria, ia hanya menangis sebanyak setengahnya saja. Hal ini bukan karena wanita lebih lemah atau lebih rapuh dari pria. Hal ini terjadi karena saluran air mata wanita lebih kecil dari pria sehingga menyebabkan ia lebih mudah menangis dan mengeluarkan air mata.