Bila lingkaran mata pada binatang panda membuat mereka menjadi lebih lucu, namun lain halnya pada mata kita. Penampilan bisa terganggu lantaran hadirnya kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata, wajahpun terlihat lesu, kusam dan tidak sehat.

Lain halnya dengan kantong mata, kantong mata dapat terlihat dibawah mata, berbentuk seperti gelembung. Pada mulanya gelembung tidak begitu terlihat, namun lama-kelamaan jika tidak segera ditangani, kantong akan terlihat membesar dan menggelambir. Selain karena menangis, penyebab terjadinya kantong mata dapat bermacam-macam, misalnya:

Genetik

Faktor keturunan juga dapat berpengaruh, perhatikan kantong mata orang tua Anda, jika mereka memiliki kantong mata, makan kemungkinan hal itu juga terjadi pada Anda.

Gaya Hidup

Kurang tidur, terlalu banyak konsumsi kafein, minum minuman keras dan tembakau juga dapat menimbulkan kantong mata

Faktor Usia

Makin bertambahnya usia, struktur jaringan dan otot pendukung kelopak mata akan melemah. Kulit mulai mengendur dan lemak yang biasanya berada disekitar mata dapat berpindah ke area di bawah mata.

Nah, Sahabat Mata sudah paham kan kalau kantong mata bisa ditanggulangi dengan mengatur gaya hidup juga. Bagaimana dengan lingkaran hitam pada mata? Ini dia beberapa penyebabnya; menggosok mata terlalu keras, seringnya terkena sinar matahari yang mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak melanin, penipisan kulit dan hilangnya lemak serta kolagen serta anemia

Untuk mencerahkan mata Anda biasakan terapkan pola hidup sehat dan jika sudah terlanjur terjadi Anda dapat mengakalinya menyembunyikannya dengan concealer, kompres mata hingga penanganan medis bila keluhan Sahabat tersebut makin memburuk.