Sahabat Mata, apa warna matamu? Jika dilihat dari keturunannya, apakah kamu memiliki gen berwarna mata biru? Mata yang berwarna biru sepertinya telah tersebar lebih awal pada populasi di Eropa daripada kulit warna terang, seperti dilansir dari ScienceAlert oleh tim peneliti diantaranya seorang associate professor, Rick Sturm dari Institute for Molecular Bioscience, The University of Queensland yang menganalisis genom gigi pada kerangka manusia dari Spanyol yang berumur sekitar 7000 tahun. Dr. Sturm mengatakan bahwa gen yang terdapat pada manusia jaman Mesolitikum memberikan warna kulit dan warna rambut yang gelap, tetapi warna mata biru. Menurutnya kombinasi gen tersebut unik dan tidak ditemukan lagi pada orang-orang Eropa jaman sekarang. Kenyataan tersebut membuktikan bahwa penyebaran gen yang berkaitan dengan warna mata yang terang kemungkinan terjadi sebelum penyebaran gen pengkode warna kulit yang terang.
Negara yang paling umum memiliki warna mata biru antara lain Irlandia, Scotlandia dan Inggris. Kalau di Asia hampir tidak ada yang matanya biru. Hans Eiberg dari Department of Cellular and Molecular Medicinen, University of Copenhagen, mengatakan bahwa ada mutasi genetik yang menyebabkan mata berwarna biru. Mutasi ini terjadi sekitar 6000-10.000 tahun lalu.

Beberapa penelitian mengemukakan, bahwa mata biru disebabkan karena rendahnya melanin dalam iris stroma. Mata biru adalah mata yang banyak dimiliki orang-orang Eropa, terutama yang lahir di Belanda, Jerman, Islandia, Swedia, Austria, Finlandia, Estonia, Denmark dan Norwegia. Untuk Sahabat Mata yang besar dan lahir di Asia pastilah jarang menemukan keluarga dan kerabat yang memiliki mata berwarna biru.